AdWords itu antarmuka untuk beriklan di jaringan Google yang bermarkas di California. AdWords secara garis besar menyediakan dua jenis kampanye, Search Network dan Display Network. Periklanan yang tampil di Search Network utamanya untuk membidik para pencari jawaban, hasil pencarian yang diberikan Google ada yang berupa organik dan berupa hasil bayaran. Pengiklan bisa membayar iklan ketika konsumennya melakukan klik terhadap hasil pencarian berbayar tersebut, pembayaran ini disebut BPK (Biaya Per Klik), bisa juga ketika pelanggan benar-benar telah melakukan tindakan berharga di situs milik pengiklan dengan bantuan gclid misal berlangganan buletin milik pengiklan, melakukan pembayaran untuk pembelian produk dan/atau jasa milik pengiklan, menelpon pengiklan, bisa juga meminta petunjuk arah menuju alamat perusahaan pengiklan, pembayaran ini disebut BPA (Biaya Per Akuisisi). Nah, kalau Jaringan Pameran, iklan hanya tampil di situs web milik mitra yang telah mendaftar AdSense untuk Situs Web, aplikasi seluler yang telah didaftarkan ke AdMob, video milik vlogger di youtube menggunakan AdSense untuk Youtube. Lalu untuk pembayarannya bisa berdasarkan durasi iklan gambar terlihat yang disebut BPS (Biaya Per Seribu Tayangan Terlihat), video terlihat dengan BPT (Biaya Per Tampilan), atau seperti dua metode BPK dan BPA tadi.


Kanal media alternatif untuk pengiklan memasang iklannya seperti koran, pamflet, tabloid, majalah, papan iklan, spanduk, umbul-umbul, sponsor acara, radio, dan televisi, memiliki beberapa batasan, yaitu setelah tercetak/mengudara, data didalam pesan seperti jam kerja, alamat bisnis, telepon kantor, alamat situs web perusahaan, tidak bisa diubah lagi, (hm, tapi bahan argumen dari situs resmi AdWords ini kok agak aneh ya, perubahan data nomor telpon kantor, alamat bisnis, jam kerja, alamat situs web perusahaan kan jarang banget diubah kan, ya?). Selain itu, mahal untuk membuktikan, apakah pesan komersilnya benar-benar tersampaikan kepada khalayak yang memang benar-benar membutuhkannya, pada saat yang tepat. Sedangkan, data di dalam pesan yang tertampil di periklanan AdWords bisa diubah pengiklan seketika itu juga, serta anggaran biaya pelelangan pun bisa diubah kapanpun jua.


Nah, dalam tulisan ini penulis sebagai pengembang aplikasi Android kreatif pemula, yang baru punya sedikit pengalaman tentang AdMob, ingin menggali bagaimana AdWords melayani pengiklan yang ingin beriklan di aplikasi seluler, khususnya jaringan periklanan AdMob. Kalau soal menganalisa status quo kanal media yang paling banyak menyita waktu perhatian calon konsumen yang kira-kira membutuhkan produk dan/atau jasa anda, itu sudah beda lagi. Apalagi soal, apakah kanal tersebut dinilai calon pelanggan anda sebagai sumber informasi terpercaya untuk mengambil keputusan sebelum melakukan aksi tertentu juga beda lagi, soalnya tiap kelompok punya kanal media yang dipercayai masing-masing.


AdMob.com sebelum diakuisisi Google pada tanggal 9 November 2009, nama domainnya telah didaftarkan oleh Omar Hamoui pada tanggal 7 Desember 2005. Sebelum membuat AdMob.com, Omar Hamoui merasa kesulitan untuk mencari situs web yang paling banyak diakses melalui perangkat seluler, guna mengiklankan situs web seluler miliknya yaitu fotochatter.com, sehingga trafiknya bisa meningkat. Yah, praktik numpang tenar semacam membayar figur publik untuk direkomendasikan mereknya, itu sama saja konsepnya, rekomendasi atas eksistensi, :-D. Nama domain fotochatter.com sendiri terdaftar 20 Februari 2005. Hingga kemudian hari beliau menemukan GetJar.com yang bertrafik besar dan cukup populer di jagad maya, karena sudah terdaftar 2 Februari 2004, lalu beliau menghubungi pemilik situsnya untuk dipasangi iklan dengan membayar 10¢ per klik, atau sekitar Rp. 1.736,- bila disesuaikan dengan inflasi mata uang dolar per 2017.


AdWords sendiri, jika merujuk laman Pertanyaan Paling Ditanyakan berikut Menampilkan iklan di aplikasi seluler, Iklan di kampanye Display Network saja (Aplikasi seluler) dan kampanye Search Network dengan pilihan Display – Semua fitur secara otomatis layak ditampilkan di aplikasi seluler jika Anda memilih "Semua fitur" ketika membuat kampanye. Iklan Anda dapat ditampilkan di aplikasi seluler bila penempatan aplikasi seluler cocok dengan penargetan yang telah Anda tetapkan untuk kampanye.

  1. Kampanye Search Network dengan pilihan Display – Semua fitur, atau
  2. Kampanye Display Network saja (Aplikasi seluler).


Pengelolaan kampanye "Search Network dengan pilihan Display – Semua fitur" sama dengan pengelolaan kampanye "Search Network Saja": Tetapkan anggaran, pilih kata kunci yang relevan, buat iklan, dan tetapkan tawaran. Iklan Anda dapat muncul ketika orang-orang menelusuri istilah di Google Penelusuran dan situs mitra penelusuran yang cocok dengan kata kunci Anda. Iklan Anda juga dapat muncul pada laman yang relevan di seluruh web di Google Display Network. Namun, iklan ditampilkan secara selektif di Display Network dan penawaran diotomatiskan, sehingga membantu Anda menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik pada produk dan layanan yang Anda iklankan.


Sedangkan untuk Pengelolalan kampanye Display Network saja (Aplikasi seluler), bisa anda gunakan jika ingin menjangkau kategori aplikasi tertentu, atau jika anda mengetahui 9 digit Apple ID di situs iTunes atau package_name di Google Play Store berupa parameter id di alamat URL laman aplikasi, yang anda ditargetkan, masukkan dalam format berikut:
  • Aplikasi iOS: mobileapp::1-<9 digit angka ID aplikasi>
    • Misalnya, mobileapp::1-123456789
  • Aplikasi Google Play: mobileapp::2- (Anda dapat menemukan nama paket aplikasi di Google Play store.)
    • Misalnya, mobileapp::2-com.example.app


Nah jika tombol Beberapa Penempatan diklik, akan muncul masukan untuk daftar penempatan aplikasi diatas. Misal diisi tiga aplikasi berikut, lalu klik tambahkan:
setelah diklik tambahkan, akan muncul daftar aplikasinya sebagai berikut:


Pengiklan juga bisa menargetkan lokasi dalam semua kampanye yang AdWords dapatkan dengan cara berikut, misal dalam kotak pencarian ditentukan Kota Yogyakarta, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, Kota Makassar, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Pasuruan.


Kalau ingin mempersempit penargetan lebih lanjut berdasarkan Demografi Jenis Kelamin dan Usia konsumen anda, hanya jika data privasi tersebut didapatkan dengan legal.


Periklanan dari sisi Pengembang Aplikasi Seluler

AdMob menyediakan beragam format periklanan, antara lain: Periklanan Spanduk berukuran kecil yang selalu tampil menempel di atas atau kaki layar meski layar aplikasi digulung ke atas/bawah dan/atau kanan/kiri:


Periklanan Pengantara berukuran satu layar penuh yang tampil ketika jeda antar tampilan, laiknya iklan tv atau radio yang linier, tapi bedanya iklan ini bisa dilewati dengan menekan tombol tutup (X), laiknya ganti saluran tv/saluran radio.


Periklanan Bawaan (pribumi) berpenampilan seolah-olah sama dengan konten disekelilingnya, sehingga lebih cenderung mendapat klik.


Video Berinsentif, iklan ini ada kewajiban harus selesai ditonton, bila di pause misal ponselnya ditekan tombol home atau ada panggilan telpon, iklan juga ikut terjeda, jadinya harus ditonton sampai akhir. Namun, sebagai gantinya, aplikasi atau permainan anda memberikan insentif seperti tenaga tambahan atau konsep lainnya.


Di Negara Kesatuan Republik Indonesia, publisher AdMob, Vlogger Youtube, selebgram, dan, AdSense termasuk sebagai pelaku industri ekonomi kreatif. Kekuatan ekonomi kreatif lebih bertumpu kepada keunggulan sumber daya manusia. Karya seni, arsitektur, buku, inovasi teknologi, dan animasi, berasal dari ide-ide kreatif pemikiran manusia. Untuk mewujudkan upaya tersebut, pada 20 Januari 2015, melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif, Presiden Joko Widodo membentuk lembaga baru non kementerian bernama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Badan ini bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Bekraf bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif.

Reactions:

You Might Also Like:

Berikan Komentar Sembunyikan Komentar

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×